HP Cepat Panas, Begini Cara Mengatasinya

HP Cepat Panas, Begini Cara Mengatasinya

cara mengatasi hp cepat panas

Apakah kamu termasuk tipe pecandu smartphone dan  menggunakannya secara everytime? bisa dipastikan kamu mengidap Nomophobia dan pastinya kamu sering menemui masalah yang bikin kamu was was. Ya, smartphone yang sering atau cepat panas pastinya sangat mengganggu aktivitas kamukan.


Terutama kamu yang mengandalkan smartphone untuk ngegame atau pekerjaan sehari-hari, pasti akan sangat terganggu saat suhu smartphone berubah drastis jadi panas disertai dengan melambatnya performa, bahkan mati mendadak. Jika dibiarkan terlalu lama, maka gejala tersebut bisa berujung pada kerusakan total pada smartphone.

Berikut ini sepuluh cara mengatasi HP cepat panas yang pastinya ampuh menurunkan 'demam' di smartphone kamu.
Langsung aja simak caranya di bawah ini.

1. Gunakan Charger Original

Menggunakan charger kw merupakan salah satu penyebabnya, karena ada perbedaan tegangan maupun kuat arus listrik di setiap tipe changer. jika tegangan kelebihan bisa jadi hp terlalu banyak menerima daya dan alhasil panas deh.

Jika charger original mengalami kerusakan? biasanya orang hanya ingin berhemat dengan membeli charger yang lebih murah, namun gak jelas asal-usul dan kualitasnya. itu permasalahan yang paling sering terjadi.  Menggunakan sembarang charger malah akan membahayakan baterai dan smartphone kamu, bahkan jadi salah satu faktor utama yang menyebabkan HP cepat panas. Biasakan selalu menggunakan charger asli dan jika rusak, belilah charger asli yang baru.

2. Cek Penggunaan WiFi

penyebab HP Cepat Panas

Fitur ini biasanya nyaris selalu diaktifkan untuk kamu si fakir kuota dimana pun kamu berada pasti selalu mencari cari wifi maupun hotspot :vv. Gak ada masalahnya sih mengaktifkan WiFi, tidak akan menyebabkan HP cepat panas. Tapi secara gak langsung, aplikasi latar belakang yang otomatis berjalan ketika smartphone terhubung dengan WiFi itulah yang kemudian bisa bikin smartphonemu panas.

3. Matikan Bluetooth dan GPS

penyebab HP Cepat Panas

Dua fitur ini termasuk yang jarang kita perhatikan apalagi GPS. Banyak pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth dan GPS tetap aktif menyala padahal sedang dalam posisi gak digunakan dan dibutuhkan. Dua fitur ini kenyatanya bisa menyebabkan HP cepat panas. Pastikan kamu mematikan dua fitur ini jika memang lagi gak dibutuhkan.

4. Kurangi Kegiatan Multi-tasking

penyebab HP Cepat Panas

Hari demi hari Spesifikasi smartphone semakin berbobot, memang menawarkan performa tokcer untuk melakukan multi-tasking. Meski begitu, kamu tetap harus jaga-jaga dengan suhu smartphonemu saat melakukan berbagai pekerjaan ataupun membuka game sekaligus. Banyaknya aplikasi aktif yang kamu gunakan bersamaan, belum lagi ditambah aplikasi latar belakang yang tetap berjalan, tentu akan menyebabkan HP cepat panas.

5. Istirahatkan Sejenak Smartphone dari Streaming atau Gaming

penyebab HP Cepat PanasUntuk yang satu ini meski hanya satu aktivitas, namun baik streaming atau gaming nyatanya sama-sama akan membuat HP cepat panas jika dilakukan secara terus-menerus alias nonstop. karena secara bersamaan smartphone kita berkerja keras mencari jaringan maupun menstabilkan grafis. Ketahui batas waktu penggunaan smartphone, terutama untuk dua aktivitas di atas.

6. Cek Berkala Kondisi Baterai

penyebab HP Cepat Panas

Jika kamu ngerasa gak melakukan apa-apa alias gak memaksakan smartphone untuk aktivitas berat, tapi tetap aja HP cepat panas. Kamu bisa memeriksa kondisi baterai yang ada di smartphone kamu. Usia baterai yang sudah lama dan kondisinya yang sudah usang tentu jadi faktor utama yang bikin smartphone kamu jadi cepat panas. Sesegeralah ganti baterai dengan yang baru.

7. Jangan Simpan di Tempat Tertutup


Mayoritas orang pastinya selalu membawa smartphone kemanapun dia pergi. Dan biasanya diletakkan di jok motor maupun di dalam ransel ataupun saku ketat. tapi itu berbahaya lho pernah kejadian ponsel meledak di jok motor karena kepanasan.  Hati-hati! Hal itu bisa bikin HP cepat panas dan otomatis memperlambat performa si smartphone itu sendiri. Jika memang meletakkan smartphone di tempat tertutup, usahakan untuk sesekali mengeluarkannya untuk memberinya 'udara segar'.

8. Hapus File Sampah

Segala file sampah, cache, hingga cookies yang sudah sangat bertumpuk ternyata juga jadi salah satu penyebab HP cepat panas. Tiga hal di atas akan menyebabkan dampak langsung pada CPU dan RAM yang nantinya akan memancing suhu smartphone jadi cepat panas. Tau sendiri kan semakin banyak kapasitas penyimpanan yang dipakai maka performa hp akan menurun.  Untuk itu, rutinlah menghapus file, cache dan cookies yang sudah gak diperlukan atau sudah bertumpuk.

10. Gunakan Aplikasi 'Pendingin'

Untuk yang satu ini ane gx terlalu menjaminnya ya, sejujurnya ane gx tau bagaimana cara kerja aplikasi pendingin, tapi tak ada salahnya mencoba aplikasi pendingin. Aplikasi-aplikasi untuk cara mengatasi HP cepat panas tersebut antara lain adalah Cooler Master, Cooling Master atau Device Cooler.

Itulah beberapa cara mengatasi HP cepat panas yang patut untuk kamu praktikkan sehari-hari. Kini, kamu bisa melakukan aktivitas sehari-hari menggunakan smartphone dengan tenang dan aman.

Selalu jaga Hp kamu sebagaimana kamu menjaga mantan pacar kamu :)
Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Rekomendasi Untuk Anda × +

0 Response to "HP Cepat Panas, Begini Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel