Android tidak lagi Gratis, Benarkah?

Android tidak lagi Gratis, Benarkah?

android


Android, pasti ditelinga kalian sudah tidak asing lagikan. yap os smartphone yang saat ini sedang digandrungi. Android (/ˈæn.drɔɪd/; an-droyd) adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.


Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.


Lalu Bagaimana jadinya kalo Android tidak lagi Gratis?

Apakah anda sudah mendengar akhir akhir ini Google dengan CEO mencetuskan bahwa Android tidak akan gratis lagi, bahkan di prediksi harganya bakal melejit jauh setera dengan harga dari produksi Apple (iPhone).

Ini bermula saat Google baru saja dijatuhi denda sebesar 4,34 miliar Euro (Rp 72,8 triliun) karena dianggap memonopoli pasar platform mobile dengan Android. CEO Google, Sundar Pichai pun mengancam bahwa produsen smartphone tidak dapat menggunakan Android secara gratis lagi.

Namun jika memang dianggap monopoli, Pitchai mempersilakan vendor menggunakan aplikasi pesaing Google. "Berarti kami memperoleh pendapatan hanya jika aplikasi kami dipasang," kata Pichai. Secara tersirat ia menyebutkan, akan mengenakan biaya terhadap sistem Android yang selama ini gratis.
Anggapan monopoli yang di lakukan google mungkin akan menjadi penyebab Android tidak akan gratis lagi!

Jika nantinya banyak produsen smartphone yang memilih untuk meninggalkan aplikasi milik Google, maka Google tidak akan mendapatkan pendapatan sebanyak tersebut dari Iklan dan akan berhenti memberikan Android secara gratis. karena banyak produsen smartphone yang meninggalkan aplikasi bawaan milik Google , imbasnya google akan mengandalkan iklan sebagai sumber pendapatan utama  dan efeknya android tidak lagi di gratiskan.

android tidak lagi gratis

Jadi, jika produsen smartphone harus membayar untuk menggunakan Android. Mungkin bisa jadi harga Android bisa melebihi harga Iphone karena kemudahan fitur yang diberikannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Android tidak lagi Gratis, Benarkah?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel