Senin, 05 Maret 2018

Edukasi sebagai Kunci Kemajuan Bangsa

Tags

Edukasi sebagai Kunci Kemajuan Bangsa

google img


Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi mungkin itulah peribahasa yang cocok bila kita tidak mempelajari ilmu secara sempurna. Pembelajaran secara sempurna tentulah penting bagi masa depan kita karena kita tidak hanya tau tentang ilmu yang kita pelajari tapi juga mengerti apa yang dimaksudkan dalam ilmu tersebut. Lalu apakah Edukasi itu penting bagi negara? saya akan membahasnya pada postingan kali ini.


Demi mempersiapkan diri agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang edukasi sangatlah diperlukan. Dari hal itu dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk masyarakat dalam memajukan negara. Dan juga sangat penting dalam proses pembangunan negara untuk menjadi negara yang lebih maju.

"Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa. Tidak ada bangsa yang maju, yang tidak didukung pendidikan yang kuat," katanya. Menurut Daoed, jika ingin menjadi negara yang kuat, maju dan disegani dunia internasional, maka harus menjadikan pendidikan sebagai bidang unggulan.

Kualitas institusi penentu utama kemajuan bangsa. Oleh karena itu, upaya pembangunan bangsa semestinya memberikan prioritas tertinggi pada pembangunan institusi. Kualitas kinerja institusi pada akhirnya ditentukan oleh kualitas manusia-manusia yang melaksanakan fungsi institusi itu, terutama dalam sikap dan kompetensinya.

Maka terlihat jelas bahwa peran sentral pendidikan dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Melalui pendidikan kita dapat menanamkan sikap yang pas dan memberikan bekal kompetensi yang diperlukan kepada manusia-manusia yang menjalankan fungsi institusi-institusi yang menentukan kemajuan bangsa.

Hal penting dalam membedakan sasaran edukasi juga kita harus tau.


  • Pertama, membentuk sikap dan kompetensi dasar yang perlu dimiliki oleh setiap warga negara di mana pun mereka berkarya. Ini merupakan tugas dari pendidikan umum.
  • Kedua: mendidik sikap dan kompetensi khusus yang diperlukan bagi mereka yang bekerja di bidang-bidang tertentu. Ini adalah bidang tugas dari pendidikan khusus. Pendidikan umum membekali anak didik soft skills untuk menjadi manusia dan warga negara yang baik. Pendidikan khusus memberikan hard skills untuk menjadi pekerja yang baik.
Dengan Edukasi yang baik maka akan tercipta masyarakat yang baik dengan begitu maka akan terwujudlah negara yang berpotensi, lalu inilah beberapa hal yang menyebabkan edukasi sangatlah penting bagi negara.

1. Memberikan Pengetahuan
Pendidikan memberi kita banyak pengetahuan tentang berbagai hal dan segala sesuatu yang berhubungan erat dengan dunia ini, pendidikan juga dapat memberikan pandangan bagi kehidupan masa depan.

2. Memupuk Karir
Beberapa orang berangapan bahwa pendidikan itu kurang penting karena sekolah ataupun tidak sekolah tetap susah cari kerja. Kita ubah dulu pola fikir kita bahwa dengan berpendidikan kita akan mudah mendapat pekerjaan, tetap berpikir positif.

3. Membangun Karakter
Pendidikan memupuk kita menjadi individu dewasa, individu yang mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup. Pendidikan yang baik juga akan membuat kita lebih manusiawi.

4. Membantu Memajuakan Bangsa
Pendidikan dapat membantu kemajuan bangsa karena masa depan bangsa aman ditangan masyarakat yang berpendidikan. Pendidikan adalah penting bagi pembangunan sosial dan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Tapi juga dibutuhkan perhatian perhatian khusus untuk wilayah pedalaman. Kesadaran masyarakat di daerah pedalaman akan arti pentingnya pendidikan masih lemah. Contohnya adalah masih banyak anak-anak yang lebih memilih untuk membantu orangtuanya dibandingkan untuk menimba ilmu di sekolah. Ini dikarenakan, mereka belum mengerti bahwa pendidikan sangat penting untuk dirinya dan juga untuk Negaranya. 

Maka itu perlulah pemerintah mengadakan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan di daerah-daerah terpencil. Masih banyak anak–anak yang ingin mendapatkan fasilitas untuk bersekolah dengan layak seperti halnya di kota–kota besar. Sehingga nantinya banyak anak–anak diwilayah terpencil yang dapat berkembang dan menyatukan negara atas nama pendidikan.

educenter

Kemunculan EduCenter berdampak besar bagi masyarakat, karena pendidikan yang sulit masuk ke daerah terpencil dan mengharuskan menempuh jarak yang jauh bisa diminimalkan. 

solusi educenter
Kenapa harus EduCenter? Solusi yang ditawarkan EduCenter merupakan salah satu upaya mendukung edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa. Karena pada zaman modern, dengan mobilitas masyarakat yang tinggi, hal tersebut terkadang justru merugikan. Masyarakat malah kerap terjebak dengan lebih banyak menghabiskan waktu di perjalanan.
#educenter

Tags: Educenter, One stop education of excellence


EmoticonEmoticon