Mengetahui Pembuatan Daftar Riwayat Hidup dan Kegunaannya

Mengetahui Pembuatan Daftar Riwayat Hidup dan Kegunaannya

cara membuat daftar riwayat hidup


Apa itu Daftar riwayat hidup?

Daftar riwayat hidup atau biasa disebut CV (Curriculum Vitae) adalah catatan atau sebuah dokumen yang menggambarkan diri pribadi secara singkat, pendidikan, serta mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. Ketika mencari pekerjaan CV sangatlah dibutuhkan, dan biasanya dilanjutkan dengan wawancara.

Bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup?

Buatlah CV secara professional, rapih, dan jujur yang menjelaskan riwayat diri kita secara jelas. Karena riwayat hidup yang kita buat cukup mempengaruhi diterima atau tidaknya kita di perusahaan yang dilamar.

Beberapa hal yang tidak boleh terlewatkan, misal :

1.    Identitas diri
Identitas diri ini disebutkan sedetail mungkin mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, dan lain – lain.

2.    Riwayat pendidikan
Mencantumkan riwayat pendidikan yang pernah kita tempuh. Mulai dari awal hingga pendidikan terakhir.

3.    Pengalaman kerja dan pengalaman organisasi
Jika sebelumnya kita sudah pernah bekerja, tidak ada salahnya jika kita mencantumkan riwayat pengalaman kerja kita. Namun apabila kita belum pernah bekerja, alangkah baiknya jika kita mencantumkan pengalaman organisasi yang pernah kita ikuti.

4.    Keahlian khusus / Hoby
Cantumkan juga keahlian khusus yang kita miliki, tentu saja keahlian khusus yang dimaksud di sini adalah keahlian khusus yang berkaitan dengan pekerjaan atau posisi yang kita inginkan. Biasanya seorang HRD perusahaan akan melihat daftar keahlian khusus ini sebagai bahan pertimbangannya.

contoh :
contoh daftar riwayat hidup

Kegunaan Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat hidup digunakan untuk menyertai surat keterangan, Untuk masuk sekolah atau mengikuti kegiatan tertentu.Bahkan,daftar riwayat hidup sangat diperlukan kelak bila kalian mencari pekerjaan.

Sekian

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Rekomendasi Untuk Anda × +

0 Response to "Mengetahui Pembuatan Daftar Riwayat Hidup dan Kegunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel