Ringkasan Materi TIK SMP Kelas 9 #1

Ringkasan Materi TIK SMP Kelas 9 

Ringkasan Materi TIK SMP Kelas 9


Internet

Internet

  • Mengenal Internet
Istilah internet berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata internet berarti jaringan antara atau penghubung. Artinya internet adalah jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, yang terhubung dengan menggunakan protokol TCP/IP.

  • Mengakses Internet
A. Jaringan Komputer
jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan beberapa perangkat keras yang terhubung dalam satu kesatuan. Para pengguna komputer yang menggunakan jaringan dapat saling kirim data dan informasi. Selain itu, dapat juga menggunakan fasilitas seperti printer bersama-sama.

B. Protokol Jaringan
Protokol adalah sekumpulan aturan yang dapat mendefinisikan beberapa fungsi, seperti membuat hubungan, mengirim pesan, data dan informasi, serta memecahkan berbagai masalah khusus supaya komunikasi dapat berlangsung dengan lancar. Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan protokol standar yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Protokol standar TCP/IP berfungsi juga untuk mengatur format data yang diizinkan, penanganan kesalahan, dan dapat bekerja dalam semua jaringan tanpa dipengaruhi oleh perbedaan jenis komputer dan sistem
operasi yang digunakan.

C. Topologi Jaringan
1. Topologi BUS
Topologi BUS
topologi bus yaitu semua komputer terhubung ke jalur komunikasi utama. Keuntungan jika menggunakan topologi ini adalah menghemat jumlah kabel yang digunakan, rangkaian jaringan sederhana, dan mudah dikembangkan. Kerugiannya, antara lain terjadi kepadatan lalu lintas data. Jika terjadi kerusakan pada salah satu jalur komunikasi utama, maka jaringan tidak dapat berfungsi. Saat ini topologi bus sudah jarang digunakan lagi.

2. Toplologi Ring
Toplologi Ring
topologi ring merupakan cara menghubungkan komputer sehingga membentuk lingkaran atau loop. Kuntungan menggunakan topologi ialah dapat menghemat kabel. Adapun kerugiannya yaitu rentan terhadap kesalahan dan jaringan sulit untuk dikembangkan.

3. Topologi Star
Topologi Star
Topologi star merupakan pola hubungan komputer yang terpusat. Komputer pusat akan menyediakan jalur komunikasi khusus untuk dua terminal yang akan berkomunikasi. Keuntungan menggunakan topologi ini, antara lain pengembangan jaringan mudah dan tidak mengganggu bagian yang lain. Kontrol terpusat sehingga mudah mendeteksi kerusakan dan kesalahan. Kerugiannya adalah kabel yang digunakan terlalu banyak sehingga terjadi pemborosan.

D. Media Transmisi
1. Media transmisi menggunakan kabel
Hampir semua jaringan komputer yang ada saat ini menggunakan kabel sebagai sarana penghubung atau disebut juga wired network. Media ini memiliki keterbatasan jangkauan dan tidak efesien karena banyak memakai tempat untuk jaringan kabel. 

Jaringan kabel ini biasanya digunakan dalam area local, misalnya dalam satu gedung, antargedung dalam satu lembaga pendidikan. Bila sumber data dan penerima memiliki
jarak yang tidak terlalu jauh, kabel memang dapat digunakan sebagai media transmisi. Kabel yang sering digunakan, antara lain kabel twisted pair, kabel coaxial, dan kabel serat optic.

2. Media transmisi tanpa kabel
Media transmisi tanpa kabel merupakan komunikasi data dalam jaringan komputer yang tidak memanfaatkan kabel sebagai media transmisi, melainkan berupa gelombang elektromagnetik biasa disebut wireless network. Jaringan tanpa kabel ini, memberikan keunggulan kepada pemakai berupa dapat mengakses setiap saat di mana pun berada.

Kekurangannya, antara lain kemampuan transfer data lebih kecil di-bandingkan dengan jaringan kabel, masih sering terjadi gangguan sehingga memungkinkan terjadinya kehilangan data. Bilamana sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh atau medannya sulit, maka dapat digunakan media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancar-kan melalui udara terbuka.

Gelombang elektromagnetik sebagai alternatif pengganti saluran transmisi menggunakan kabel, dapat berupa sebagai berikut.

A. Gelombang micro atau microwave
Transmisi gelombang micro memiliki jangkauan yang pendek, sehingga jika digunakan dalam hubungan jarak jauh diperlukan banyak stasiun relay (pengulang). Pada umumnya relay dibangun pada jarak 50 km sampai 70 km, yang berfungsi untuk menerima sinyal, memper-kuatnya, dan kemudian memancarkan kembali dalam bentuk yang lebih kuat ke stasiun relay berikutnya.

B. Sistem Satelit
Sinyal yang dikirim stasiun gelombang micro di bumi, diterima oleh satelit yang berada di luar angkasa. Satelit berfungsi sebagai relai yang kemudian mengirimkan kembali ke stasiun gelombang micro di belahan bumi lainnya.

C. Gelombang Radio untuk Seluler
Sistem telekomunikasi bergerak dengan sistem seluler digital, ada dua macam yaitu pertama, GSM nonseluler yang memiliki cakupan daerah cukup luas dengan di lengkapi antena sebagai pemancar dan penguat sinyal. Kedua, GSM seluler yang dilengkapi sebuah sistem tower pengirim dan penerima yang disebut Base Transceiver Station (BTS).

D. Sinar Infra Merah
Teknologi ini memiliki sifat line of sight sehingga jika terhalang, maka aliran data dan informasi akan terhenti serta mudah terinterferensi oleh sinar matahari. Contoh penerapan teknologi ini ialah remote control televisi.

E. Sistem sinar laser
Teknologi ini hampir sama dengan sinar infra merah, yaitu memiliki sifat line of sight sehingga jika terhalang, maka aliran data dan informasi akan terhenti.

Nb : Berlanjut ke part 2 (coming soon)

makasih ya .. good bye :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ringkasan Materi TIK SMP Kelas 9 #1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel